ISU KELEMBAGAAN DALAM PEMBANGUNAN KETAHANAN PANGAN: PEMBELAJARAN DARI KABUPATEN KLATEN, JAWA TENGAH

Latif Adam, Inne Dwiastuti

Abstract


Tulisan ini melakukan analisis kelembagaan dalam pembangunan ketahanan pangan. Mengacu kepada pengalaman Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dan dengan mengandalkan data primer dan sekunder, tulisan ini menunjukkan masih lemahnya kerangka kelembagaan untuk mendukung pembangunan ketahanan pangan. Akibatnya,
Dewan Ketahanan Pangan (DKP) sebagai lembaga formal di bidang pembangunan ketahanan pangan gagal menjalankan perannya dalam menyusun langkah-langkah yang sistematis untuk membangun ketahanan pangan secara berkelanjutan. DKP juga memiliki kapasitas yang tidak terlalu baik untuk mengoordinasikan, mengevaluasi, dan
memberikan umpan balik terhadap pelaksanaan kebijakan dan program pembangunan ketahanan pangan. Kelemahan-kelemahan dalam kerangka kelembagaan itu menghambat Klaten mempertahankan dan meningkatkan ketahanan pangannya. Berdasarkan temuan itu, tulisan ini memberikan beberapa rekomendasi penting sebagai berikut. Pertama, DKP perlu dilengkapi dengan institutional framework yang jelas dan tegas sehingga
bisa mengatur mekanisme peran dan tanggungjawab tiap institusi yang terlibat. Kedua, DKP juga perlu dibangun dengan konsensus yangjelas agar bisa mengembangkan sistem koordinasi berdasarkan blue print yang memuat perencanaan jangka pendek, jangka
menengah, maupun jangka panjang dalam pembangunan ketahanan pangan. Ketiga, DKP perlu memiliki kelompok kerja yang bisa meningkatkan mekanisme sinkronisasi dan sinergi program pembangunan ketahanan pangan.

Keywords


Ketahanan Pangan, kelembagaan, DKP, multidimensi, Klaten

Full Text:

PDF

References


Adam, L. (2011). Fenomena Krisis Pangan, Bisnis Indonesia, 2 Mei.

Ariani, M. (2010), Penguatan Ketahanan Pangan Daerah untuk Mendukung Ketahanan Pangan Nasional, Pusat Analisis Sosial-Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Bogor.

Basri, F dan Munandar H. (2009), Lanskap Ekonomi Indonesia, Prenada Media Group, Jakarta.

Boediono. (2012). Pendidikan Kunci Pembangunan, Kompas, 27 Agustus.

Dewan Ketahanan Pangan. (2009). Indonesia Tahan Pangan dan Gizi 2015, Jakarta.

Hanani, N. (2009). Optimalisasi dan Efektivitas Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten/Kota dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan, Dewan Ketahanan Pangan, Jakarta.

Khudori. (2012). Kelembagaan Pangan, Kompas, 27 September.

Machfoedz, M.M. (2011), Mewujudkan Ketahanan Berkedaulatan: Reorientasi Kebijakan Politik Pangan, Jurnal Dialog Kebijakan Publik, Vol. 4 No. 3, pp.9-20.

Pribadi, N. (2005). Program Ketahanan Pangan: Konsep dan Implementasinya, Makalah pada Penyusunan Indikator Kinerja Program Ketahanan Pangan Bappenas, Jakarta, 15 Agustus.

Purwanto, Yustika, A.E., Nugroho, A.E., Darmawan, D.A. (2010). Peran Pembangunan Ketahanan Pangan dalam Mengatasi Kemiskinan Petani, LIPI, Jakarta.

Purwanto dan Yustika, A.E. (2009), Kebijakan Peningkatan Ketahanan Pangan dan Produktivitas Sektor Pertanian, dalam Purwanto (ed.) Pengurangan Kemiskinan Melalui Penguatan Ketahanan Pangan, LIPI, Jakarta, pp. 59-90.

Saliem, H. P. (2004). Indikator Penentu, Karakteristik, dan Kelembagaan Jaring DeteksiDini Tentang Kerawanan Pangan, ICASERD Working Paper No. 46, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian, Kementerian Pertanian, Bogor.

Setiadji, A. (2012). Implementasi Hubungan Kerja Antar Instansi Untuk Ketahanan Pangan Dapat Meningkatkan Kemandirian Bangsa, http://agussetiadji.blogspot.com/2012/06/implementasi-hubungan-kerja-antar.html, diakses 1 Nopember 2012.

Suryanto, J., Astuty, E.D.,, Adam, L., Dwiastuti, I., Darmawan, A.D. (2012). Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Pengelolaan Sektor Pertanian, Program Insentif Riset Peneliti dan Perekayasa LIPI, Jakarta.

Universitas Gajah Mada. (2011) 13 Persen Penduduk Indonesia Masih Rawan Pangan, http://www.ugm.ac.id/index.php?page=rilis&artikel=4289, diakses 2 Nopember 2012.

World Bank. (2009). Food for Indonesia, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.14203/jki.v7i2.24

Copyright (c) 2016 Jurnal Kependudukan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Research Center for Population, Indonesian Institute of Sciences

Widya Graha Building, 7th and 10th floors, Ruang 2127
Jl. Jenderal Gatot Subroto 10 Jakarta Selatan, Telp (021) 5221687
Website: http:/kependudukan.lipi.go.id;
E-Journal: http://ejurnal.kependudukan.lipi.go.id
Pustaka: http://pustaka.kependudukan.lipi.go.id
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------